Jumat, 27 Februari 2009

CERPEN CAH PONDOK By NN

BENCI DAN CINTA BEDA TIPIS

Cowok itu selalu buat aku jengkel dan super benci. Setiap hari aku harus cuti dengan aktifitasku tu’ bertengkar tanpa guna dengannya. Tapi anehnya terkadang dia terlihat baik disuatu saat. Tapi g’ luput juga sih kalau dia juga suka jahilin aku.

“Riz…..ku piker-pikir lo uh ada banyak kemiripan deh ma si Rizky”. Ucap Ninan yang pagi itu aku dan dia sedang ngerjain tugas sejarah di perpustakaan.

“Ah…. Apaan sih lo?? Nggak mungkin lagi kalo aq harus cocok ma dia, cacing rese kaya’ gitu mah g’ ada baiknya dikit” jawabnya mungkir.

“Alah….. udah deh g;’ usah mungkirin, gue juga tahu ko’ begitulah cinta. Awalnya benci bsa jadi cinta”.

“Ah…. Udah deh! g’ penting . gue mau cari buku sejarah ah”.

Aq terbebas meuju jejeran buku yang tertata rapi. Tiba-tiba saat aq mulai menyentuh buku yang ku tuju terlihat tangan lain yang mengambil, Rizky, dialah cowok itu terjadilah aksi tarik menarik setelah beberapa saat tadi kami saling terkaget. Perang mulut pun terjadi.

“He…!! Kalo pacaran jangan disini !”. bentak pak Memet.

“G’ pak kita nih g’ pacaran”. Jawabku

“Iya pak” Rizky meyusul.

“Nih bukunya ta’ kembaliin” Rizky tiba – tiba mengembalikan buku yang di diakuinya dia dulu yang ngambil. Aku makin heran dengan anak itu Ko’ bisa ya dia jadi orag baik ?”. Gumam

**** **** ****

“Nin !!!” aku pulang dulu ya ? ada janji ma mama nih”.

“Mama apa cacing rese ?”. goda Nina yang jahil.

“Alah…… udahlah ku buru-buru nih” Aku berlalu dengan menuju rumah.

Sampe’ dirumah aq langsung ganti baju dan nyamperin mam.

“Ris ayo kita berangkat ke Malla nemuin tante Indi!” ajak mama

“Iya ma !” kami langsung menuju mall. Disana terlihat tante Indi yang sedari tadi nugguin di restouran mall dekat dengan tempat dikon baju. Tiba-tiba dari arah belakang terklhat seorang cowok yang sudah ta;’ asing lagi yah, dialah Risky. Aku makin bingung “n” penasaran. Mama langsung bercakap-cakap dengan tente Indi dan aq masih terdiam dengan posisiku.

“Ris… mama pergi belanja dulu ya ? kamu ma Risky ngobrol dulu biar bisa kenal deket” ucap mama. “Iya! Kamu juga ia” sahut tente Indi.

Mereka berlalu meniggalkan kami aq dengan Rizky tinggal berdua. “Ris…. Ikut aq yuk !!!” dengan nada sok akrab dia megajak q dengan menarik tanganq. Aq bingung “Apaan sih lo? Tarik – tarik gii! Sakit tahu!”.

“Udah deh ayo ! pokoknya dijamin kamu pasti seneng”.

Diajaknya aq ke luar mall dengan menaiki mobil, sesampainya ditempat itu disebuah taman yang tak begitu jauh dari mall, kami berhenti.

“Ris…. Aq pengen ngomong sesuatu. Tapi kamu jangan kaget ya ?”

“Ngomongh aja!” jawabnya ketus dengan penuh penasaran.

“Tahu g’ Ric…. Aq pengen ngomoing ini tuh udah dari dulu, tapi aq baru berani sekarang. Sebenarnya aq tuh suka ma lo!”

aq kaget dan bimang harus jawab apa. “Maksud l… tanyaku lagi.

“Iya, gue sayang ma lo..! maukah kau terima cintaq ris. Ucap Riska dengan nada memelas. Aku terdiam sejenak dan terlihat wajah cemas Rsiky. Aq pun akhirnya menjawab dengan menganggukkan kepalaq.

“Gue juga sayang ama lo”.

“Cowok nyebelin dan super duper kayak dia, huh nothing!. Jangan ngebahas dia deh sekarang, dah basi. Aku juga ng’ suka kalau kamu berusaha buat bikin aku sama daia temenan, apalagi pacaran. Ih, amit-amit !”.

“Loh, emang kenapa ?. Aku piker kalian berdua tuh pasangan srasi!” ucapnya sok tau.

“Idih, diatas dasar apa kamu bilang begitu? Plis deh Nin, aku sama dia kan musuhan!”

Yes I know, tapi simak baik-baik ! pertama, kamu ga’ pernah nyadar apa kalau nama kalian tuh mirip, kamu Riska dia Rizky. Kedua meskipun kalian bermusuhan udah lama, kan dia nolongin kamu berkali-kali.

Contohnya, waktu sekolah kita pergi kemping semigggu yang lalu. Kaki kamu terkilir kan? Dan dia yang gending kamu sampai ke tanda terus ngerawat kamu. Gitu – gitu juga, dia care sama kamu Ris, dan….”

“Tunggu, “selaku,”Tapi itu kan salahnya dia. Dia nyenggol aku sampe aku kepeleset, terus kaki aku trerkilir. Ya dia donk yang ngerti angung jawab !”.

“Iya, tapi dia mita maaf kan ? Dan yang ke tiga, aku ngeliat kalian bisa kompak lho waktu jadi panitia pensi!”.

“Iya itu beda. Waktu itu kita emang dituntt kerja samanya juga kekompakan, lha kalo ngga; gitu kita pasti kena sem,prot ketua panitia. Udahlah, laghian si cacing satuy itu juga ngga;’ pernah akur sama aku!” jelaskan pada Nina.

Ninan mengernyitkan dahi. Itu pertama kalau dia lagi mikirin sesuatu. Dia merawang ke langit-langit perpustakaan sambik senyam – senyum ngga’ jelas. Dan tiba-tiba aja Niana mengatalan sesuatu yang mebuat ingin muntah ….

“Apa kamu nga; lihat kharisma yang terpancar dari seorang Rizky ? Kalau dilihat-lihat, Rizky ganteng juga. Penampilannya Perfect, Risky emang keren !”.

“Tidaak !!” teriakku dalam hati. OMG ! kenapa rtemanku ini ? kesambet sdama hantu apa sih dia ? Nina sahabatku yang malang…. Tapi si cacing rese itu lumayan juga aksinya. Fansnya juga banyak. Rizky emang menarik.

“Ih, kenapa juga aku mikirin dia !”.

“Nah loh ketauan…, mikirin Rizky ya ? ngaku aja deh.

Suit….suit…. ! emang udah saatnya kalian damai, ha… ha…” celoteh Nina.

“Ssstt ! jangan berisijk, iniu perpustakaan, kalau kalian mau ngerumpi silahkan keluar !!” tegur penjaga perpus memperingakan.

“Maaf Pak”, sahtku dan Nina bersamaan.

Huw, gar-gara ngebahas cacing rese nyebelin itu, pak memet penjaga perpus marahin aku dan Nina. “udah ah, entar pak memet marah lagi kalau kita masih ngobrol !” bisikku.

“Oke deh sorry ya !”

“Ya udah, sekarang kita kerjain lagi tugasnya !”

duh, tugasnya banyak banget sih ? sejarah, nic pelajaran emang gampang – gampagsussah, pikirku, aku beranjak dari krsi tempat aku duduk. Aku memilih milih buku stu persatu dirak buk paling pojok. Pergerakan G 30 S/PKI, itulah buk yang sedang aku cari setelah aku cari-cari, akhirnya buku itu ketemnu juga.

“Nah, ini dia bukunya!” pas bukyu itu mau aku ambil, tang lain pun meraihnya. Ih, main comot aja sih niue orang, pikirk. Ketika mataku melihat lrus kedepan, ternyata orang yang mau ngambil buk itu adalagh …

“Rizky ?” aku kagt

“Riska?”

aduuh ! kenapa sih mesti cowok ini ? “Ini buk yang pertama ngambil tuh aku, jadi lepasin deh bkunya!”.

“Heh, apaan sih loe? Jelas-jelaa yang pertama ngambil tuh gue. Harusnya gue donk yang nyuruh loe buat lepasin buku ini!”.

Iih, rese banget sih ! klau kamu ayam, udah aku kuliti kamu terus aku potng – porting damn terakgir aku cemplungin kamiu keminyak goreng. Aku goreng kamusampai mateng terus aku makan, biar tau rasa ! Tapi, untung aja kamu cacing rese jadi, ngga’ mungkin au makan. Emm, diinjak aja kali ya, haha.. pikirk jail.

“He, kenapa loe liatin gue kayak gitu? Loe mau makan gue ya?” bentak dengan nada keras.

“Iya aku pengen banget makan kamu ! dsar rese loe, siniin nga’ bukunya ?” kataku sebal.

“Ngga’ !”

“Kamu tuh ya, Iih…” Terjadi aksi saling tarik menarik buku antra aku sama Rizky. Dan seketika aja aku teriak dan jatuh didadanya. Aku bisa ngerasain detak jantung Rizky, berpacu kencang. Dia ngga’; ngomong apa-apa tentang apa yang baru saja terjadi. Aku segera menjauh dari Rizky.

“Emmh, aku …” Tiba-tiba aja dari arah belakang, “Heh kalian ! kalau mau pacaran bukan disini tempatnya !” Pak Mamat kesal.

“Emh, gak kok pak, Ini loh, buku iniyang pertama ngambil tuh saya tapi malah direbut sama dia Pak ! protesku.

“Apa benar itu?” tanya Pak Memet pada Rizky.

Dengan tenangnya dia menjawab, “ Ia pak !”.

Hahh ? Dia bilang ia? Kok dia jadi baik sih ? jangan-jangan dia ngerencanain sesuatu buat ngerjain aku ? Aneh, ini benar-benar aneh !

Pak Memet mendekati rak buku dan mengambil salah satu bukyu. “Ini kan masih ada buku yang sama, kenapa ngga’ kamu ambil ?” tanyanya pada Rizky.

“Iya Pak, saya tahu”. Jawabnya sambil melirik kearahku.

Kemudian pak Memet memberikan buku itu padaku, lalu berkata”. Sekarang kalian kembali ke tempat dan ingat jangan ribut !”

Aku beranjak pergi lalu kembali ke tempat duduk. Aku masih bingung dngan sikapo Rizky tadi….

“Lama amat sih Ris ?” tanya Nina.

“Aku ketemu Rizky tadi!” jawabku datar.

“Tumben nggak manggil dia cacing ? oh, aku tau, terjadi sesuatu kan?” sidik Nina.

“Ngak, eh .. iyta sih tapi ngga’ penting, kamu juga, jangan bilang kalau…”

“Jodioh, kalian emang berjodoh . I see, I see ….” ucapnya memotong.

Oh my God !, tuh kan, kambuh lagi ! udahlah ngga’ usah di bahas….”.

“Yah, kok sewot gitu sig ? kalau gitu ya udah !”

terkadang Rizky cacing itu baik sama aku, ya aku akuin. Tapi dia juga ngga’ pernah absen kalau negjailin aku, sebel deh ?. hahh, hari ini aku cuup bingung sama Rizky dan Nina.

*** *** ***

“Teet …. Teeet…. Teeeet….”

Bel sekolah bunyi. Jam menunjukkan angka 13.30 waah, saatnya pulang nih. Untunglah, tugasku udah selesai dan tiggal dikumpulin aja di ketua kelas. Aku melangkahkan kakiku keluar dari perpustakaan. Tiba – tiba aku teringat psan mama supaya cepet pulang karena mama minta aku nemenin dia kemal. Aku bergegas menuju kekelasku dan siap – siap untuk pulang.

“Eh Ris, mo kemana ? Buru-buru amat ?” tanya Nina sambil memasukkan buku – buk kedalam tasnya.

“Iya nih, aku ditungguin mama dirumah soalnya mau pergi gitu!”.

“Oh .. kirain mo kencan ama cacing kesayanganmu itu ?!” goda Ninan.

Ya ampuun ! Ngawur mulu nich orang dari tadi. ABCDEFGH !”

“hah apaan tuh Ris?”

“Adh Bo capek deh eke’ frutasi giola huh ! yaudah, aku duluan ya!” Aku langsung pergi ninggalin Ninan yang masih ketawa cekakak cekikik dikelas. Dasar aneh !

Aduh, moga aja aku nga’ telat, kan aku udah janji sama mama. Aku sempatkan mataku untuk melihat jam tanganku dan buukk, terjadi tabrakan…

“Aduh soru – sori akuy ngga; sengaja, kamu ngga; kenapa – kenapa chan?” tanyaku pada cowkok yag jatuh tersungkur gara-gara aku tertabrak. Allu aku membantunya berdiri dan ketika mata kami saling beradu….

“Kamu ?” kataku kaget danlagsug melepas tanganku darinya.

“Elo ? makanya punya mata tuh dipake donk ! jangan dijadikan pajangan doing!” ucapnmya sinis.

Iiih, ko’ busa sih aku udah minta maaf. Mestinya kamun juga bilang thank sama aku karena dah bantuin kamu bertdiri !”

So what ?” Nie kan loe yang salah ! ngga; usah banyak cincong dech, gue lagi buru-buru, banyak urtusan. Minggir loe!” ucapnya sok merintah, yey, memangnya aku pembokatnya apa?

“Heh, bukan kamau aja yang lagi bnanyak urusan, aku juga janji alu leboh peting ketimang berdebat sama kamu!” Ucapkan lantang.

“Janji ? hah, terserah !” Ucapnya lalu pergi.

Swer deh, aku ngga’ ngerti dia ! pikirku. Kemudian akupun pergi ninggalin TKP, tempat kejadian perkara.

“Benci sama cinta tu bedanya tipis banget. Dari nggak demen. Dan itu bisa nimpa kamu !” kata-kata Nina masih mengegma ditelingaku. Tapi, kayaknya ngga’ peting deh mikirin Rizky si cacing tulalem itu. Karena belum tentu dia juga mikirtin aku

*** *** ***

akhirnya, aku nyampe rumah, kala bukan kerena tabrakan sama Rizky, aku pasti udah nyampe dari 10 menit yang lalu.

“Ma, mama…. Kita jadi pergi chan ??” teriakku begitu masuk rumah.

“Iya. Cepetan gih ganti baju soalnya ada yang nungguin kita disana!” Ucap mama lalu mengahmpiriku.

“Memang di tungguin siapa sih ma?” anyaku ingin tau.

“Tante Indi. Kamu masih inge khan?”

“Oh, masih dong ma, yaudah aku ganti baju dulu ya.. tunggu loh jangan di tinggal !” rengekku.

Secepat kilat aku meleset kekamarku dan segera bersiap-siap dan tanoa membuang waktu kami segera berangkat. Setelah 15 menit diperjalanan, akhirnya nyampai juga. Lalu tenbte Idi menghampiri kami. Kami saling menyapa sekedar say hai pa kabar.

“Riska, kartanya kamu satu sekolah sama anak tante ?” tanya tante Indi.

“Emm, siapa ya Tan?”

“Nanti sajalah,sekarang kita kedalam aja dulu, yuk !” ajak tente Indi.

“Mari Tante !” dan kami pun langsung menjelajahi mal, dimulai dari took baju yang lagi diskon.

“Hai ma, sori telat,” kata cowok yangbmemanggil mama kepada tante Indi. Tapi sepertinya, suara ini dah ngga’ aing lagi deh dfitelingaku? Kalau ngga’ salah, ini suaranya….

“Riska?” seru seorang cowok diblakngku.

Aku berbalik dan, “Kamu ? Ngapain kesini ?” tanyaku kaget

Tiba-tiba tente Indi mendekati kami. “Nah, ini Eizky anak tante kamu kenalkan ? Rizky memang satu sekolahan/”

“Emm iya tante kami memang satu sekolahan !” jawabku kaku.

“Kalau gitu kalian ngobrol-ngobrol aja dulu, mama sama tante mau nerusin belaanjanya, ya !” klata maama lalu poergi niggalin aku sama cowok yang tengah berdiri di sampingku. I menit, 2 menit, 3 menit….. huuuh, ngga’ bisa kayak gii terus, diem-diema. Mesti ada yang ngomong duluan nih, bete ! keluhku dala ati.

Tba-tiba aja Rizky membuka pembiucaraan. “Ge ngga; nyangka kalau elo anaknya tante Winda”.

“Huuh, akhirnya….” Aku juga ngga; nyangka kalau kamu ankanya tante Indi yang baik itu”.

“loh, emang gue ngga’bai ?” tanyanya cuek.

“Ya gitu dech !” jawabku. Setelah it dia langsung pergi nyamperin mamanya. Huh dasar anak mami tukang ngadu. Baru digertak dikit aja ngabek.dasar cengeng ! tapi kok dia balik lagi sich ? apa mungkin dia mau ngedakwa aku ?!.

“Kemana sih? Lgian, tadi kamu bilang apa sama tante? Nadu ya? Ga’ Gentle!

“gue ngga;’ ngadu, cuja bilang kalau kita mau cabut duluan!”

“Loh kok ?” aku bingung.

Risky menatapku lalyu memegang tanganku. “Ayolah nona manis, gue mau ngajak loe ke suatu tempat yang pasti loe suka!”

Hah, apa aku lupa ngeberesin telinga aku ya? Aku denger dia panggil aku nona manis? Dia bener-bener aneh hari ini. Tapi nga’ tau kenapa aku nga; bisa nolak. Cowokm jangkung itu tersenyium lalu narik aku pergi. Jantungku berdetak keras. Deg ! Deg! Deg! Dia ngga’ pernah ngelepas tangan aku walau sedetik.

“Danau ? wow, indah banget kalau dilihat dari sini”.

“Iya. Gue selalu kesini kalau gue lagi punyamasalah. Dan loe, loe adalah orang perama yang gue ajak!” jhelas Rizky.

Rizky hari ini terlihat beda. Dia jadi ramaha dan romantis. Dari pertama, aku kagum sama dia. Aku mngerasa,dia tuh beda sama cowok-cowok lain.

“Seenarnya kamu tuh kenapa? Kok lain sih ? apa kamu lagi ada masalah makanya kam ngajak aku kesini?” tanyaku penasaran.

Izky terlihat resah. Dai menatapky, seperti magnet yang sulit untuk terlepas. “Ris, gue punya masalah sama perasaab gue. Gue sulit untuk bolang saa sorang cewek. Gue tertlalu pengecut. Gue ngga’ berani ngfedenger kata penolakan dari cewek. Itu sebabnya gue masih berstatus jomblo sampai sekarang, meskipun banyak cewek yang nguber-nguber gue dengan segudang perhatian yang mereka kasih ke gue. Sa,poai pada akhirnya, gue kenal sama seorang cewek, dan gue suka sama dia. Menurut loe, ge mesti giaman ?.

Aku tersentak kaget mendenarnya. Kenapa dia nanyain hal itu ke aku? Padahal, aku kan….

“Ris, ko’ loe diem sih? Ayo jawab, gue mesti fgimana?” tanyanya lagi.

“Hah apa? Oya, menurut aku sih, kamu jangantakut untuk bilang suka sama dia, karena belum tentu dia nolak kamu. Kalauy ditolakpun, itu udah jadi resikonya. Dengan ngomong ke dia, kamu akan ngerasa lega krena udah nga’ ada beban lagi”.

Tiba-tiba, tangannya menggenggam tanganku. Tatapanya menunukkan kalau dia bersungguh –sungguh. “Gue emang pengecut. Tapi gue ngga’ mau kehilagan cewek yang gue sayang. Dan hue akan lakuin itu sekarang”.,

“Sekarang ? maksud kamu ?”

“rtis, cewek yang gue maksud tu…. Elo! Gue suka sama elo, dan gue ngga; mau kehilangan elo. Ris, apa elo mau nerima cinta gue? Ini tulus Ris, tulus darihati yang terdalam…. “ suaranya terdengar lembut dan megharap kepastian.

Aku bingung harus ngomong apa ? Aku ngga’ nyangka ternyata cewek itu adalah aku. “Sebenarnya aku kaget. Ya, aku ngga’ nyangka kalao kamu suka aku. Maaf, tapi sepertinya…. Aku ngga’ bisa…..”

“Gue tau ko’, apa yang akan loe bilang. Loe ngga’ usah terusin gue.. gue… “ tuturnya terbata-bata.

“Kenapa ? takut ?” tanyaku. Rizky hanya menawab dengan anggukan pelan.

“Ky, aku kan belum selesai bicara. Aku pengen bilangbkalkau… aku ngga’ bisa …. Nolak cinta kamu karena aku juga sinta sama kamu!. Dan au seneng banget pas kamu blang cinta sama aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar